Kamis, 18 Desember 2014



ONE PIECE adalah sebuah anime dan manga tentang bajak laut Monkey D. luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah iblis (buah gomu gomu). Selama perjalanan Luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam.
One Piece diciptakan oleh EiichiEiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999. Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga kini telah mencapai jilid ke 60 lebih. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei, telah mencapai kira-kira 600 episode di Jepang. Sampai saat ini, One Piece telah mengeluarkan 12 film, yang terakhir dirilis pada tanggal 15 Desember 2012. Di Indonesia sendiri pernah ditayangkan di RCTI dan Global TV.
Pada Februari 2005, One Piece mencetak rekor di Jepang sebagai penerbitan manga yang tercepat mencapai 100.000.000 eksemplar. Hingga saat ini One Piece adalah salah satu manga paling laris sepanjang sejarah Jepang dengan penjualan lebih dari 260 juta kopi. Selain itu One Piece juga memecahkan rekor sebagai manga dengan cetakan pertama terbanyak. One Piece banyak mendapat pujian di antara para pembaca, terutama dalam hal gambar, karakter, humor, dan cerita.




Sewaktu kecil Garp pernah menitipkan Luffy ke seorang perompak gunung bernama Dadan untuk di didik. Kemudian disanalah ia bertemu dengan Portgas D.Ace, yaitu anak dari Gol D.Roger dan Portgas D.Rouge yang menitipkan Ace ke Garp. Awal pertemuan mereka, Ace sangat tidak menyukai Luffy, malahan ia meludahi Luffy ketika pertama kali bertemu. Tapi karena sikap Luffy yang keras kepala dan tidak mau menyerah akhirnya Ace mau menerima Luffy. Luffy juga berkenalan dengan sahabat Ace yaitu Sabo dan akhirnya mereka menjadi sodara setelah bertukar cawan (sake).




Monkey D. Luffy berasal dari East Blue, lebih tepatnya di sebuah desa yang bernama Desa Fuusha. Dia bercita-cita sebagai raja bajak laut setelah bertemu dengan Shanks kapten kapal bajak laut rambut merah. Topi jerami yang selalu dipakainya itu pun pemberian dari Shanks, yang nantinya akan dikembalikan jika Luffy sudah bertemu kembali dengan Shanks dan menjadi bajak laut yang hebat.





  Luffy terkenal karena ciri khas topi jeraminya, Topi itu dipinjamkan oleh bajak laut legendaris Akagami Shanks ketika luffy masih kecil, "Akagami" no Shanks menerima topi jerami itu dari Gol D. Roger. Luffy memakai celana pendek bersama dengan sandal dan rompi merah tanpa lengan. Luffy juga memiliki bekas luka dengan dua jahitan di bawah mata kirinya, Luka itu ia dapatkan dengan menusuk pisau di bawah matanya untuk menunjukkan pada Shanks bahwa ia berani dan Luffy berambut hitam pendek. Dia terluka parah oleh Akainu dalam Perang Whitebeard, meninggalkan bekas luka berbentuk X besar di dadanya. Tampil dengan bertubuh kurus, tetapi ia memiliki fisik yang mengejutkan. Dalam pra-timeskip, ia ditampilkan singkat karena ia muncul cukup kerdil atau pendek dari sebagian besar individu didalam seri.


Harga buronan Luffy sewaktu awal perjalanannya adalah 30.000.000 setelah berhasil mengalahkan Arlong (bajak laut manusia ikan) dan teman-temannya. Kemudian meningkat menjadi 100.000.000 setelah berhasil mengalahkan Crocodile (salahsatu shichibukai) yang ingin menguasai kerajaan Arabasta. Lalu setelah peristiwa di Enies Lobby harga buronan Luffy naik lagi menjadi 300.000.000. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu Supernova yaitu gelar yang diberikan pemerintah dunia untuk para pemula yang harga buronannya di atas seratus juta berry. Supernova ini adalah pemula yang datang ke pulau Sabaody.
Setelah time skip, harga buronan Luffy meningkat lagi menjadi 400.000.000 karena ia terlibat dalam perang Marineford antara angkatan laut dengan bajak laut Shirohige. Disinilah ia harus kehilangan Ace karena menyelematkan Luffy, sewaktu hendak dibunuh oleh admiral Akainu. Setelah kejadian ini ia berkeinginan untuk menjadi lebih kuat supaya bisa melindungi teman-temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar